Age of Bronze ~ A Thousand Ships

*3 Eisner Award Nominations

Eric Shanower

Lulu Wijaya (Terj.)

Gramedia Pustaka Utama, Mei 2007

225 hal.






“Rakyat Troy! Tongkat api diam-diam sudah membara selama bertahun-tahun! Kini apinya akan berkobar! Bangkit, o Troy! Padamkan menara api itu sebelum kalian semua dihanguskannya!”

~Kassandra~

Perang Troya (Trojan War) adalah satu dari legenda Yunani yang paling terkenal. Seorang wanita tercantik di zamannya membuat penyerbuan terhadap Troya oleh Sparta. Begitu banyak karya sastra yang mencoba menceritakan perang Troya di dalamnya. Seperti dalam A Thousand Ship yang mencoba menawarkan gagasan baru dalam mengisahkan perang Troya.

Diawali kehidupan Paris sebagai gembala kerbau. Saat Raja mengambil alih kerbau terbaik miliknya untuk dijadikan sebagai hadiah pertandingan festival, saat itulah kemarahan menyulut Paris. Dan ia berniat datang ke kota Troya untuk memenangkan kembali kerbaunya.

Namun seperti ucapan Oenone yang didapatkannya melalui penglihatan mimpi, Paris tidak akan kembali lagi apabila ia pergi ke Troya. Dan memang ia tidak kembali lagi. Karena ia sebenarnya adalah putra Priam, sang raja Troy. Ramalan Kassandra akan hancurnya Troy jika Paris dibiarkan hidup menyebabkan Paris terpisah dari kehidupan istana.

Ketika Paris diutus ke Salamis untuk menjemput Hesione, ia justru membawa pulang Helen yang ketika itu adalah istri dari Menelaus. Kejadian itu membuat Menelaus marah. Dengan bantuan Agamemnon, mereka menyusun kekuatan untuk menyerang Troya.

A Thousand Ships adalah babak awal dari kisah perang Troya oleh Eric Shanower yang direncanakan berjumlah tujuh jilid dalam seri Age of Bronze. Dengan mengumpulkan karya-karya sastra serta data-data dari arkeolog mengenai Troya, Shanower mencoba menceritakan kembali kisah penyerbuan Troya dengan detail-detail yang memikat

4 yang berbagi:

  1. wah kebetulan yu, aku juga baru baca buku ini! tapi mahal juga ya, hiks, kebayang aja, tujuh buku. hiks hiks..

     
  2. tenang aja mbak... kayaknya baru rencana, hehe... kalo pun tujuh buku, pasti jarak terbit tiap bukunya jauh deh...*sok tau* ;)

     
  3. tapi tapi, buku itu kan udah terbit dari tahun kapan. pasti udah ada lanjutannya.. *terlalu depresi untuk nyari di google*

    sementara buddha aja aku lupa beli! bego yah, kemaren ke gramedia dan liat siddharta, udah niat mau beli, tapi lupa gitu aja. hiks. :(

     
  4. tenang mbak, tenang... tarik napas... ;p
    jangan dicari di google, ntar tambah despret...hihihi....