Blood Diamond

5 Academy Award Nominations

Cast:

Leonardo DiCaprio, Jennifer Connelly, Djimon Hounsou

Director:
Edward Zwick

Screenplay:
Charles Leavitt

WARNER BROSS.PICTURES


"...maybe in another life..."
~Danny Archer~


Sierra Lone – di tengah perang saudara dan kekacauan tahun 1990an – seorang nelayan Mende, Solomon Vandy (Djimon Hounsou) sedang berjalan pulang bersama Dia (Kagiso Kuypers), anak lelakinya, saat belasan tentara pemberontak – RUF – datang dan menyerang desa mereka. Solomon mencoba melarikan istri dan ketiga anaknya. Namun dia sendiri akhirnya tertangkap dan dipekerjakan di tambang berlian.

Sementara itu, seorang tentara bayaran Afrika Selatan, Danny Archer (Leonardo DiCaprio) tertangkap saat melakukan bisnis gelap perdagangan berlian untuk atasannya, the Colonel (Arnold Vosloo).

Solomon menemukan sebuah berlian besar berwarna merah muda. Dan ia berniat menyimpan untuk dirinya sendiri. Sayang, saat mengubur berlian itu, ia ketahuan oleh Captain Poison (David Harewood) sang pemimpin pemberontak. Namun hal itu bertepatan dengan penyerangan tambang berlian itu oleh para tentara pemerintah yang membawa seluruh orang di tambang tersebut ke dalam penjara.

Dalam penjara, secara kebetulan Archer mendengar bahwa Solomon menyembunyikan berlian besar itu di suatu tempat. Dan saat mereka berdua telah keluar dari penjara, Archer pun memberikan sebuah penawaran pada Solomon demi berlian itu.

Dengan meminta bantuan Maddy Bowen (Jennifer Connelly) , seorang wartawan Amerika, mereka bertiga melintasi perjalanan melalui wilayah-wilayah pemberontak. Archer demi mendapatkan berlian merah muda tersebut. Solomon demi menemukan istri dan kedua anak perempuannya serta menyelamatkan anak lelakinya yang dijebak Captain Poison dan dijadikan tentara pemberontak. Sementara Bowen demi mendapatkan sebuah berita dengan bukti-bukti kuat.

Sebuah perjalanan yang akan mengubah hidup mereka.

Blood diamond itu sendiri (atau biasa disebut berlian konflik) adalah berlian yang didapatkan dari hasil peperangan dan diperdagangkan secara rahasia/gelap. Lebih lengkapnya mengenai sejarah blood diamond, bisa diklik di sini.

***

Nggak kusangka kalau film ini bakal mengharukan (padahal nggak sedia tissue ;p). Dan satu lagi, padahal saya sudah malas sebenarnya melihat Leonardo DiCaprio. Tapi di film ini kok dia jadi cakep sekali yaaa?^_^. Duh, jadi jatuh cinta ;p

0 yang berbagi: