TRAVELERS' TALE ~ Belok Kanan: Barcelona!

ADHITYA MULYA, ALAYA SETYA, IMAN HIDAJAT, NINIT YUNITA

GAGAS MEDIA

230 HLM

"we always question life. but can life question us?"

~Francis~


Alasan saya membeli buku ini, dua nama dibaliknya – Adhitya mulya dan Ninit Yunita (saya suka buku mereka). Pertama. Covernya – okay, saya memang selalu mengumandangkan prinsip don’t judge a book by its cover, tapi itu sepertinya tidak berlaku kalau diartikan secara harfiah. Saya cenderung menilai cover terlebih dahulu sebelum saya putuskan untuk membaca sinopsisnya (kecuali untuk buku yang sudah direkomendasikan terlebih dahulu agar saya baca). Kedua. Dan tema traveling-nya, tentu saja. Ketiga. Uhm… ya, tiga hal itu.

Kisah berangkat dari sebuah e-mail yang dikirimkan oleh Francis kepada tiga orang sahabatnya – Farah, Retno dan Jusuf – yang memberitakan bahwa dirinya akan menikah di Barcelona. Keempat orang ini sudah bersahabat sejak kecil. Namun keadaan jadi rumit saat timbul perasaan cinta diantara mereka.

Farah menyukai Francis. Tapi sebelum dapat mengungkapkannya, Francis malah memberitahu bahwa ia mencintai Retno yang sudah dua kali menolak perasaannya. Sementara itu, Jusuf juga tak bisa mengungkapkan perasaan sayangnya pada Farah karena gadis itu malah meminta dukungannya agar ia bisa menyatakan cintanya pada Francis. Retno sendiri punya alasan sendiri kenapa ia menolak Francis yang sebenarnya ia sukai. Akhirnya perasaan-perasaan itu terpendam tanpa sempat terungkap.

Setelah dewasa, masing-masing dari mereka bekerja di negara yang berbeda. Email dari Francis tersebut membawa ketiga orang sahabatnya itu melakukan perjalanan menuju Barcelona. Daripada menghadiri sebuah pernikahan, mereka lebih ingin untuk menyelesaikan perasaan yang belum tuntas.

Benar kata Wimar Witoelar yang terdapat dalam kata pengantar didalam buku ini, mood dan background buku ini lebih penting dari kejadian yang diceritakan. Novel ini memuat sejarah dan kebiasaan di berbagai negara yang dikunjungi oleh empat sahabat itu. Bahkan ada beberapa tips bagi para travelers. Baca buku ini memang membuat orang (saya, yang pasti) jadi ingin traveling keliling dunia.

Note: saya suka banget kisahnya Jusuf, kocak! Jangan-jangan yang nulis bagian Jusuf itu Aditya Mulya yah?? (hanya menebak….)

2 yang berbagi:

  1. iya yang jadi jusuf itu saya. makasih ya udah baca.

     
  2. Ciao Italia: Catatan Petualangan Empat Musim
    Penulis: Gama Harjono
    Penerbit: Gagasmedia, 2008

    Sinopsis
    Apakah berkeliling Eropa salah satu impianmu? Atau bersekolah di luar negeri dan bergaul dengan teman-teman baru yang selalu haus petualangan? Buku ini mengajakmu untuk melewati ruang-ruang kelas universitas di Italia, galeri seni ternama, sampai pesta-pesta mahasiswa Eropa yang seru.

    “Ciao Italia” akan membawamu menikmati tempat-tempat di pelosok Mediterania, mulai dari kota metropolis berusia lebih dari dua milenium hingga desa terpencil yang menyimpan banyak harta karun seni dan kejutan tak terduga (buktikan dengan foto-fotonya yang fantastis). Plus tip backpacking ekonomis: mendapat akomodasi gratis di Eropa, mencari tiket, hostel dan makanan murah selama perjalanan.

    Setiap kisah dan suka-duka saat berusaha mengenal Italia, ditoreh dengan sebuah kejujuran dari seseorang yang akhirnya terlalu mencintai negeri Pasta ini.